Teka-Teki 004 - Main Gareng


Maradona, Pele, dan Ronaldo, sedang asyik bermain gareng, yaitu bermain sepak bola dengan peraturan sebagai berikut:
  • Permainan dimulai dengan salah satu dari mereka menjadi penjaga gawang dan yang lainnya menjadi penyerang yang berusaha mencetak gol ke gawang. Permainan dihentikan saat ada penyerang yang mencetak gol. Saat itu dihitung sebagai satu permainan.
  • Permainan baru dimulai lagi dengan penyerang yang mencetak gol tadi menjadi penjaga gawang dan penjaga gawang sebelumnya menjadi penyerang. Permainan dihentikan ketika ada penyerang yang mencetak gol. Begitu seterusnya hingga mereka menyudahi permainannya.
Sampai suatu ketika, mereka sudah lelah dan menyudahi permainan mereka. Setelah dihitung, ternyata Maradona menjadi penyerang sebanyak 12 kali, Pele menjadi penyerang sebanyak 21 kali, dan Ronaldo menjadi penjaga gawang sebanyak 8 kali.

Pertanyaannya, siapakah yang mencetak gol pada permainan ke-6?

Dalam setiap permainan pasti ada 1 orang penjaga gawang dan 2 orang penyerang. Ronaldo menjadi penjaga gawang sebanyak 8 kali. Itu artinya Maradona dan Pele menjadi penyerang bersama-sama sebanyak 8 kali.

Maradona menjadi penyerang sebanyak 12 kali. Sesuai pernyataan sebelumnya, Maradona menjadi penyerang bersama Pele sebanyak 8 kali. Dengan demikian, Maradona menjadi penyerang bersama Ronaldo (Pele menjadi penjaga gawang) sebanyak 12 - 8 = 4 kali.

Pele menjadi penyerang sebanyak 21 kali. Kita tahu bahwa Pele menjadi penyerang bersama Maradona sebanyak 8 kali. Dengan demikian, Pele menjadi penyerang bersama Ronaldo (Maradona menjadi penjaga gawang) sebanyak 21 - 8 = 13 kali.

Total seluruh permainan dari awal hingga akhir adalah jumlah berapa kali Maradona, Pele, dan Ronaldo menjadi penjaga gawang, yaitu 8 + 4 + 13 = 25 kali permainan.

Maradona menjadi penjaga gawang sebanyak 13 kali. Itu artinya Maradona menjadi penjaga gawang di setiap permainan ke-ganjil.


Karena Maradona menjadi penjaga gawang di permainan ke-7, berarti Maradona adalah pemain yang mencetak gol pada permainan ke-6.

No comments for "Teka-Teki 004 - Main Gareng"