Teka-Teki 002 - Menyeberang Jembatan


Ada empat orang manusia yang masing-masing bernama Andika, Bagong, Charlie, dan Dahlan. Suatu malam, mereka ingin menyeberangi sebuah jembatan dan semuanya berangkat dari sisi yang sama. Karena suatu hal, mereka hanya memiliki waktu 17 menit untuk menyeberangi jembatan tersebut.

Mereka berempat hanya memiliki satu buah lampu senter. Dalam satu perjalanan, jembatan itu hanya muat untuk dua orang. Mereka bisa menyeberangi jembatan itu sendirian atau berdua dan harus menggunakan lampu senter. Lampu senter tidak boleh dilempar dari satu sisi ke sisi yang lain. Jadi, seseorang harus membawa lampu senter tersebut menyeberangi jembatan jika ingin dioper ke temannya yang berada di sisi berlainan.

Andika dapat menyeberangi jembatan dalam waktu 1 menit, Bagong 2 menit, Charlie 5 menit, dan Dahlan 10 menit. Jika mereka pergi berdua, mereka harus berjalan bersama dengan waktu terlama di antara mereka berdua. Misalnya, jika Andika dan Dahlan menyeberangi jembatan bersama-sama, mereka berdua butuh waktu 10 menit karena mengikuti waktu Dahlan yang lebih lama dibandingkan Andika.

Bagaimanakah urutan perjalanan mereka sehingga keempat orang itu dapat menyeberangi jembatan dalam waktu 17 menit?

Perhatikan gambar di bawah ini. Misalkan A adalah Andika, B adalah Bagong, C adalah Charlie, dan D adalah Dahlan. Mereka semua berangkat dari sisi jembatan sebelah kiri dan tujuannya berada di sisi sebelah kanan.


Perjalanan dimulai dengan Andika dan Bagong menyeberang bersama-sama (total waktu: 2 menit).


Kemudian, Andika kembali menyeberangi jembatan untuk mengantarkan lampu senter dalam waktu 1 menit (total waktu: 3 menit).


Selanjutnya, Charlie dan Dahlan menyeberang bersama-sama selama 10 menit (total waktu: 13 menit).


Sesampainya Charlie dan Dahlan ke sisi kanan jembatan, Bagong kembali menyeberang ke sisi kiri untuk mengantarkan lampu senter. Bagong menyeberangi jembatan dalam waktu 2 menit (total waktu: 15 menit).


Terakhir, Andika dan Bagong menyeberang bersama-sama dalam waktu 2 menit (total waktu: 17 menit).


Akhirnya semua berhasil menyeberangi jembatan ;)

8 comments for "Teka-Teki 002 - Menyeberang Jembatan"

  1. Oalahh saya baru mengerti setelah ada ilustrasi gambarnya, makanya saya bingung gimana senternya bisa dioper ke teman yang mau nyebrang selanjutnya.. Wahh harus pas 17 nih :D

    ReplyDelete
  2. Setelah berpikir untuk menjawab, ooo ada bantuan dengan ilustrasi. Siippp, Mas....

    ReplyDelete
  3. gak bisa saya mas gini-gini, udah pasti matematik, ribet kali emang. Tapi cukup respect sama orang-orang yang logikanya nyampe tanpa penggambaran ilustrasi ya, hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya semua orang pasti bisa, tapi kadang kita nggak mau ribet aja. Saya pun begitu hahaha -_-

      Delete

Post a comment