Thursday, 5 March 2020

Lanjut atau Pensiun Blogging?

Pertanyaan itu terlintas begitu saja di pikiran saya: lanjut atau pensiun blogging? Saya sudah menggeluti kegiatan nge-blog ini sejak 10 tahun yang lalu. Haruskah kita berakhir cukup sampai disini?


Pertanyaan tersebut benar-benar mengganggu! Hati kecilku berkata bahwa semua hal tentang blog ini tampaknya sia-sia, tidak ada hasilnya sama sekali sampai sekarang! Dahulu kala, blog memang sempat trending dan banyak orang ingin punya blog untuk dijadikan online diary, bahkan blog dijadikan salah satu materi mata pelajaran komputer ketika saya duduk di bangku SMA. Namun, zaman sudah berubah. Blog kalah jauh dengan media sosial yang hampir pasti dimiliki oleh semua orang. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial sudah berhasil menjatuhkan blog, bahkan orang menjadikan media sosialnya sebagai blog. Ya, benar-benar sudah tergantikan! Bukankah hal tersebut di atas sudah menjadi alasan yang cukup untuk berhenti menjadi narablog?

Mengapa Anda masih membaca tulisan ini? Apakah Anda masih berpikiran bahwa blog ini menarik? Pergi sana! Saya tidak percaya dengan Anda! Hapus dulu akun media sosial Anda! Jika Anda tidak berani menghapusnya, jangan sok berani mengatakan bahwa blog adalah platform online yang lebih baik!

* * *

Ya, tulisan ini hanyalah unek-unek yang tersimpan dalam pikiran saya. Mohon maaf karena saya menghabiskan waktu Anda untuk membaca tulisan yang mungkin tidak ada gunanya buat Anda. Namun, inilah salah satu fungsi blog bagi saya: menumpahkan pikiran saya untuk sedikit meringankan beban beratnya :)

Jadi, lanjut atau pensiun blogging? Tulisan ini mungkin saja menjadi tulisan saya yang terakhir di blog, tetapi tidak ada seorang pun yang tahu tentang apa yang akan terjadi masa yang akan datang.

Bayu Fajar Pratama signing out!

No comments:

Post a Comment