Sedikit Cerita tentang Manajemen Keuangan

Tidak terasa kita telah memasuki bulan kedua di tahun 2020 ini. Entah kenapa rasanya baru kemarin saya membuat tulisan tentang resolusi tahun baru. Saya pernah bilang sebelumnya bahwa saya tertarik untuk belajar tentang investasi. Sejak saat itu, saya membaca beberapa artikel tentang investasi dan semuanya membuat saya pusing sendiri -_-

Mungkin saya terlalu cepat untuk belajar investasi. Sepertinya saya melupakan hal yang sangat mendasar. Ada hal yang seharusnya saya ketahui sebelum belajar investasi. Dugaan saya tidak sepenuhnya salah. Sebaiknya saya belajar cara mengelola keuangan pribadi terlebih dahulu sebelum sampai ke topik investasi. Saya akan sharing sedikit cerita tentang manajemen keuangan pribadi yang telah saya pelajari dan lakukan sejak bulan lalu.


Langkah awal yang saya lakukan adalah mencatat jumlah penghasilan selama sebulan. Ketahui jumlah penghasilan dan Anda akan tahu berapa pengeluaran yang bisa Anda lakukan. Tentu Anda tidak ingin besar pasak daripada tiang. Prinsipnya sederhana: uang keluar harus lebih sedikit daripada uang masuk. Jadi, ada dua hal yang bisa Anda lakukan, yaitu mengurangi jumlah uang keluar dan menambah jumlah uang masuk.

Saya yakin Anda sudah mengetahui hal di atas, tetapi tidak semua orang bisa menerapkannya. Yang kita perlukan adalah komitmen. Bayangkan apa yang akan terjadi jika pengeluaran Anda selalu lebih besar daripada pemasukan. Uang Anda akan habis perlahan-lahan, bahkan tabungan yang sudah lama Anda sisihkan akan ikut jadi korbannya!

Langkah selanjutnya adalah membuat rencana penganggaran uang (budgeting). Jika kesulitan membuat budget yang sangat rinci, Anda bisa menyusun budgeting yang sederhana, seperti 50% untuk kebutuhan rutin bulanan, 20% untuk tabungan atau investasi, dan 30% sisanya bisa Anda gunakan untuk hal apa pun yang Anda inginkan, seperti membeli tas, sepatu, atau aksesoris lainnya.


Masih bingung membuat budget? Tenang saja. Anda tidak sendirian. Saya pun awalnya bingung membuat budget karena saya tidak tahu seberapa besar pengeluaran saya. Yang saya lakukan adalah mencatat semua pengeluaran saya dalam sebulan. Saya menggunakan bantuan aplikasi, yaitu Money Lover. Aplikasi ini sangat saya rekomendasikan karena mudah digunakan. Aplikasi ini bisa di-download di Google Play Store (Android) dan juga App Store (iOS). Jadi, Anda bisa langsung mencatat pengeluaran Anda segera setelah melakukan transaksi melalui smartphone yang tidak pernah lepas dari genggaman Anda.


Percayalah. Saya tidak di-endorse oleh Money Lover :D Saya membuat tulisan ini karena memang ingin berbagi pengalaman tentang manajemen keuangan yang telah saya lakukan sejak bulan lalu. Mohon maaf jika pembahasan saya masih sangat sederhana karena saya bukanlah seseorang yang ahli dalam mengelola keuangan. Saya juga baru belajar dan tidak akan pernah berhenti untuk belajar. Anda memiliki tips sendiri untuk mengelola keuangan? Silakan tuliskan cerita Anda di kolom komentar agar kita bisa belajar bersama ;)

No comments for "Sedikit Cerita tentang Manajemen Keuangan"