Teka-teki #015 - Lupa Hari di Tengah Hutan


Rambo sedang berjalan-jalan di hutan. Di tengah perjalanan, dia lupa hari ini hari apa. Akhirnya ia memutuskan untuk bertanya pada Singa dan Unicorn. Untungnya, Singa dan Unicorn di hutan ini dapat berbicara seperti manusia. Sebelumnya, Rambo tahu bahwa sang Singa selalu berbohong pada hari Senin, Selasa, dan Rabu. Rambo juga tahu bahwa Unicorn selalu berbohong pada hari Kamis, Jumat, dan Sabtu.

Rambo bertanya pada sang Singa, "hari ini hari apa, ya?" Dan Singa itu menjawab, "kemarin adalah hari berbohong saya." Rambo masih belum dapat membuat kesimpulan dari jawaban itu. Jadi, Rambo pun menanyakan hal yang sama pada Unicorn. Unicorn menjawab, "kemarin juga adalah hari berbohong saya."

Jadi, hari ini hari apa, ya?

Catatan: semua tokoh, watak, dan kejadian di atas hanyalah rekayasa. Jika ada kesamaan dengan kejadian yang asli, saya mohon maaf karena saya tidak berniat untuk menulis ulang kejadian tersebut.

SOLUSI 
Asumsikan hari ini adalah hari Senin sehingga kemarin adalah hari Minggu. Singa dan Unicorn mengatakan bahwa kemarin adalah harinya berbohong, tetapi tidak terdapat keterangan apakah Singa dan Unicorn berbohong pada hari Minggu. Jadi, hari ini bukan hari Senin.

Asumsikan hari ini adalah hari Selasa sehingga kemarin adalah hari Senin. Singa mengatakan kemarin adalah harinya berbohong, dan itu memang benar. Singa berbohong pada hari Senin, Selasa, dan Rabu. Tidak mungkin Singa mengatakan hal yang benar pada hari berbohongnya. Jadi, hari ini bukan hari Selasa. Alasan yang sama digunakan untuk asumsi hari ini adalah hari Rabu.

Asumsikan hari ini adalah hari Jumat sehingga kemarin adalah hari Kamis. Unicorn mengatakan kemarin adalah harinya berbohong, dan itu memang benar. Unicorn berbohong pada hari Kamis, Jumat, dan Sabtu. Tidak mungkin Unicorn mengatakan hal yang benar pada hari dimana ia harus berbohong. Jadi, hari ini bukan hari Jumat. Alasan yang sama digunakan untuk asumsi hari ini adalah hari Sabtu.

Kita tidak dapat mengasumsikan hari ini adalah hari Minggu karena tidak ada keterangan yang menjelaskan apakah Singa dan Unicorn berkata jujur atau bohong pada hari Minggu. Jadi, hari ini juga bukan hari Minggu.

Asumsikan hari ini adalah hari Kamis sehingga kemarin adalah hari Rabu. Pada hari Kamis ini, Singa berkata jujur dan Unicorn berkata bohong. Singa berkata bahwa kemarin adalah hari berbohongnya, dan itu memang benar. Tidak ada kontradiksi karena memang Singa tidak berkata bohong pada hari Kamis. Unicorn mengatakan kemarin adalah hari berbohongnya, padahal hari Rabu bukanlah hari berbohongnya. Jadi, Unicorn telah berbohong hari ini, dan hari Kamis memang hari dimana Unicorn harus berbohong. Tidak ada kontradiksi sejauh ini sehingga asumsi awal kita benar.

Hari ini adalah hari Kamis.

Comments

  1. Ternyata bener kamis, padahal aku ga itung hari minggu-nya wkwkwkkw

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Kalau juara olimpiade komputer mah pasti mudah jawab soal kayak gini mah :p

      Selamat atas pertamax dan keduax nya gan! :D

      Delete
  3. Weh, ada singa bisa bicara....
    Asik kali yahkalo hewan bisa diajak bicara. Nabi apa yang bisa bahsa hewan? Lupa aku.. O_O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga rekayasa mbak. Suka-suka saya mau buat hewannya bisa bicara hahaha :))

      Nabi Sulaiman mbak :D

      Delete
    2. Mbak Cipluk dah ganti nama jadi mbak Kupret? *eh -_-

      Delete
  4. Yaampun peluang, buat dapetin jawabannya membutuhkan waktu yang lama wkwk. Tapi bener kan kamis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau diasumsikan masing-masing hari jadi gitu deh mas hehe.
      Iya bener hari Kamis :D

      Delete
  5. Ini dapat hadiah ap kalau bisa jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sekarang belum ada hadiah wak. Belum ada sponsor soalnya hahaha :))

      Delete
  6. kemarin adalah hari berbohong saya, berarti dia jujur hahaha siang2 pas makan siang sha sampe mikir dulu wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha mohon maaf mengganggu makan siangnya mbak :p

      Delete
  7. Sama sama hari boong tapi kan hari boongnya antara singa dan unicorn beda *sampai disini masih binggung

    * lihat solusi baru ngeh.
    Klu nya hari siapa yang berbohong dan benar. Dan yang berkata benar adalah singa.

    Haha bikin mutar otak jg tekatekinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu ada petunjuk dalam setiap teka-teki. Baca juga teka-teki selanjutnya ya mas :D

      Delete
  8. Kamis dong.... udah bisa disimpulkan jawabannya.. btw mas bayu ini ahli bkin teka teki seru ya.. semoga suatu hr ni bisa jadi penulis buat di majalah teka teki silang xixiix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul jawabannya mbak ;)
      Ikutan nyimak teka-teki berikutnya ya mbak :D

      Delete
  9. jenis orang yang terlalu kepo untuk nggak lihat jawabannya hahahaha
    -___-
    halo Bayu yg bwnya rajin banget ^^b
    sempat rada lama nggak posting karena keluar kota nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin lebih baik kalau spoiler jawabannya dihilangin aja kali ya? :D

      Nggak rajin-rajin banget kok mbak. Kebetulan lagi banyak waktu luang aja haha -_-
      Kirain karena namatin drama korea mbak hahaha :p

      Delete

Post a Comment