Teka-teki #014 - Tiga Lampu dan Tiga Saklar

Alkisah, Petruk ditantang oleh seorang teman di tempat kerjanya. Tempat kerjanya itu adalah sebuah gedung yang bertingkat 7 lantai. Petruk dan temannya tersebut sekarang berada di lantai dasar. Teman tersebut menjelaskan bahwa di lantai dasar ini terdapat 3 buah saklar yang terhubung dengan 3 buah lampu yang ada di lantai 7. Jika sebuah saklar disambungkan, maka tepat sebuah lampu di lantai 7 juga akan menyala.


Tantangan untuk Petruk sederhana. Saklar di lantai dasar sudah diberi label saklar A - B - C, dan lampu di lantai 7 diberi tanda I - II - III. Petruk diminta untuk menentukan tiap-tiap saklar terhubung dengan lampu lantai 7 yang mana. Di gedung ini tidak terdapat lift. Setelah Petruk bereksperimen dengan saklar yang ada di lantai dasar, Petruk dan temannya akan naik ke lantai 7 dan Petruk sudah harus bisa menunjukkan kepada temannya masing-masing lampu terhubung dengan saklar yang mana.

Setelah sampai di lantai 7, Petruk tidak boleh turun kembali. Selain karena capek, disinilah letak tantangannya. Petruk juga hanya diberi waktu selama 10 menit untuk bereksperimen di lantai dasar, dan temannya selalu menemani dan mengawasi apa pun yang Petruk lakukan.

Petruk bukanlah orang yang ahli dalam memecahkan teka-teki sehingga ia meminta bantuan kepada para pembaca sekalian untuk menyelesaikan tantangan dari temannya. Bagaimanakah caranya agar Petruk dapat mengetahui pasangan yang tepat dari masing-masing lampu dan saklar?

Catatan: semua tokoh, watak, dan kejadian di atas hanyalah rekayasa. Jika ada kesamaan dengan kejadian yang asli, saya mohon maaf karena saya tidak berniat untuk menulis ulang kejadian tersebut.

SOLUSI 
Ketika Petruk berada di lantai bawah, lakukan hal berikut ini:
  • Nyalakan saklar A, dan biarkan tetap menyala.
  • Nyalakan saklar B, dan matikan saklar setelah 10 menit.
  • Jangan lakukan apapun pada saklar C.
Setelah 10 menit, ajaklah teman Petruk untuk naik ke lantai 7, and it's the show time! Sesampainya di lantai 7, Petruk dan temannya akan mendapati 3 buah lampu dengan keadaan sebagai berikut:
  • Sebuah lampu menyala. Ini adalah lampu yang terhubung dengan saklar A.
  • Sebuah lampu padam, tetapi hangat saat dipegang. Ini adalah lampu yang terhubung dengan saklar B.
  • Sebuah lampu padam, dan tidak hangat saat dipegang. Ini adalah lampu yang terhubung dengan saklar C.
Tantangan selesai dengan sempurna (^_^)

Comments

  1. pretamax gan! mungkin lebih menantang kalau saklarnya ada 4 atau 5 bay. wkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiga saklar aja udah kesusahan tu si Petruk. Apalagi kalau 4 atau 5 hahaha :))

      Delete
    2. Tiga saja tidak bisa menjawab kok :)

      Delete
    3. Jangan-jangan mas Bumi ini teman yang ditanyain si Petruk *eh -_-

      Delete
  2. kalau saya jadi petruk cuman nyalain dua lampu aja, satu lampunya biarkan mati biar keathuan terhubung dengan saklar mana. Nah yang dua ini juga bingung mau diapain biar cocok, mungkin jurus tebak-tebakan bakal membantu. Hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah setengah jalan tuh mas. Silahkan dibuka spoiler solusi untuk lihat jawabannya mas :D

      Delete
  3. Weleh pusing amat si ini petruk, lebih baik nanya saja sama tukang PLN, biar tidak naik turun, kalau perlu tidak perlu naiklah. Daripada nanti pening.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teman kerja Petruk yang kurang kerjaan tuh mas, sampai-sampai bikin teka-teki seperti ini hahaha :))

      Delete
  4. Hidupkan saklar A tanpa dimatikan, hidupkan saklar B (cukup 9-10 menit lalu matikan), saklar C tidak perlu dihidupkan.
    Di lantai 7, lampu yg terus menyala adalah yg tersambung dg saklar A, lampu yang terasa hangat adalah yg tersambung dg saklar B, lampu yg tidak menyala dan tidak terasa hangat adalah yg tersambung dg saklar C..............he.he.he...salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip jawabannya benar mas ;)

      Salam kenal juga mas Nedi :D

      Delete
  5. Solusi yang jenius untuk saklar B

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang jenius banget tuh mas temannya si Petruk hahaha :D

      Delete
  6. Saya tidak tahu :v
    Urusan sklar saya ga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan buka spoiler untuk lihat jawabannya mas hehe :D

      Delete
  7. Wkwkwkkq.. yaudaa kalau gtu nanya aja ke om jin ya petruk.. atau ikuti kata hatimu petruk... atau coba aja 1 1 biar jelas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naluri lelaki Petruk nggak bisa dipakai untuk nebak lampu mbak hahaha :))

      Delete
  8. Hehe, aku tanya sama adminnya aja deh
    tiga kali baca nggak ketemu jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan buka spoilernya mbak untuk lihat jawabannya :D

      Delete
  9. Keluar aja, lihat dari luar apakah lantai 7 sudah terang atau belum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lihat sudah terang atau belum itu bisanya untuk memastikan kalau lampunya sudah hidup mbak, tetapi nggak bisa memastikan lampu yang mana yang hidup :p

      Delete
  10. aku nyerah
    saklar di rumah rusak heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyerah karena tidak membaca soluinya jawabannya :)

      Delete
    2. Hahaha silahkan buka spoilernya mas ikrom :D

      Delete
  11. Petruk dibawah. Temannya ke lantai 7. Jangan lupa, bw ponsel biar bisa WA nan..untuk ngecek lampu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha boleh juga tuh mbak. Solusi era modern ini :D

      Delete
  12. Idem mba Sulis suruh temennya juga cek ke lantai 7 n hubungi petruk pake HP :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bisa jadi solusi alternatif nih mbak :))

      Delete
  13. Walaupun sudah ada spoilernya, tapi cara gampangnya untuk zaman sekarang, ya, cukup bawa ponsel aja; satu orang di lantai 7, yang satunya di lantai dasar. :)) #Hadiah untuk Bunda Raka-Alya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Itu juga bisa jadi alternatif solusi di zaman serba canggih sekarang hehe :D

      Delete
  14. tebakan kayak gini Bayu nulis sendiri atau ada referensinya? misal pernah baca dan masih inget gitu... terus ditulis ulang dengan perubahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir semuanya ngikut referensi teka-teki buatan orang mbak. Dulu waktu saya SMA dan awal-awal kuliah ngumpulin teka-teki dan ikut-ikutan ngejawab teka-teki di Kaskus. Karena draft-nya sekarang nganggur di laptop saya, jadi saya masukin deh ke blog :D

      Delete

Post a Comment