Teka-teki #010 - Kepala Hitam-putih

Lima orang manusia, sebut saja Sule, Aziz, Andre, Parto, dan Nunung, ingin memainkan sebuah permainan yang bernama “Kepala Hitam-putih”.


Dalam permainan ini, masing-masing pemain akan menandai dahinya dengan titik berwarna hitam atau putih. Orang yang menandai dahinya dengan titik berwarna hitam akan selalu berkata bohong dalam permainan. Sebaliknya, orang yang menandai dahinya dengan titik berwarna putih akan selalu berkata jujur dalam permainan. Tiap pemain bertugas melihat warna titik di dahi pemain-pemain lainnya dan mengatakan titik warna apa saja yang dilihatnya sesuai dengan sifat yang ia miliki (bohong atau jujur).

Letak serunya permainan ini adalah ada seorang spectator yang bertugas untuk menebak warna titik di dahi masing-masing pemain. Spectator tidak bisa melihat langsung titik di dahi pemain. Jadi, spectator menebak warna titiknya dengan modal pernyataan yang diucapkan oleh masing-masing pemain.

Berikut pernyataan yang diucapkan masing-masing pemain.

     Sule: “Aku melihat 4 titik hitam.”

     Aziz: “A… aku melihat ada 4 titik pu… putih.”

     Andre: “Diriku melihat ada 3 titik hitam dan 1 titik putih.”

     Parto: “Aku melihat 3 titik putih dan 1 titik hitam.”

Sekarang, Anda berperan sebagai spectator. Tugas Anda adalah menebak warna titik di dahi masing-masing pemain. Dapatkah Anda mengetahui warna titik di dahi masing-masing pemain?

Catatan: semua tokoh, watak, dan kejadian di atas hanyalah rekayasa. Jika ada kesamaan dengan kejadian yang asli, saya mohon maaf karena saya tidak berniat untuk menulis ulang kejadian tersebut.

SOLUSI 
Asumsikan Aziz bertitik putih. Aziz mengatakan ia melihat 4 titik putih. Berarti, kelima orang pemain bertitik putih, semuanya berkata jujur. Tetapi, perhatikan Sule. Sule mengatakan ia melihat 4 titik hitam. Bagaimana mungkin ia bisa melihat titik hitam padahal semua pemain bertitik putih? Ada suatu kontradiksi (pertentangan). Jadi, asumsi awal kita salah. Yang benar adalah Aziz bertitik hitam.

Asumsikan Sule bertitik putih. Sule mengatakan ia melihat 4 titik hitam. Berarti, semua pemain selain Sule bertitik hitam. Hanya Sule yang bertitik putih. Tetapi, Andre mengatakan ia melihat 3 titik hitam dan 1 titik putih. Kita lihat kembali warna titik pemain selain Andre. Sule bertitik putih. Aziz, Parto, dan Nunung bertitik hitam. Yang dikatakan Andre benar padahal Andre adalah orang yang bohong. Ada kontradiksi lagi. Jadi, asumsi awal kita salah. Yang benar adalah Sule bertitik hitam.

Sudah ada dua pemain yang pasti bertitik hitam. Tetapi, Parto mengatakan ia melihat 3 titik putih dan 1 titik hitam. Jelas bahwa ia berbohong sehingga Parto bertitik hitam.

Sekarang asumsikan Andre bertitik putih. Andre mengatakan ia melihat 3 titik hitam dan 1 titik putih. Kita sudah mendapatkan 3 pemain yang bertitik hitam, yaitu Aziz, Sule, dan Parto. Anggap Nunung adalah 1 pemain yang bertitik putih. Tidak ada kontradiksi sejauh ini sehingga asumsi kita benar. Jadi, Andre dan Nunung bertitik putih.

Comments

  1. Pas bingung sama penglihatan Azis dan Sule,,, yang benar mana kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm yang mana ya yang benar? :p
      Bisa dibuka spoiler solusinya untuk lihat jawabannya mas hehe :D

      Delete
  2. Pertanyaan teka-teki iya,

    Nyerah dah, tidak tau jawabanya.

    Jadi siapa yang bohong iya,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bohong itu pasti pembohong mas *plak -_-
      Bisa dibuka spoiler solusinya untuk lihat jawabannya mas :D

      Delete
  3. Aziz benar dengan jawaban 4 titik putih di kening
    Karena Aziz menandai kening dengan titik putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin Aziz menandai keningnya dengan titik putih mbak?
      Siapa tahu Aziz termasuk salah satu pembohong mbak? :p

      Delete
  4. seru emang permainan 50% - 50%,
    tapi teka-teki kau emang bikin puyeng bay..

    teka-teki tu harusnya yg seperti ini:
    Kepala, kepala apa yang diperjual belikan? Kepala mudaa....

    *dibakar*

    ReplyDelete
    Replies
    1. KELAPA muda itu hahaha -_-

      Juara olimpiade komputer Smansa kok bisa dibikin puyeng? Hahaha :p

      Delete
  5. Saya langsung nyerah sajalah. Takut nanti saya dikira orang bohong, saya kan orang baik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang mas. Saya yakin mas Bumi orang baik hehe :D

      Delete

Post a Comment