Tutorial tentang Cinta


Definisi

Cinta itu adalah sesuatu yang abstrak dan tidak dapat didefinisikan. Ia bahkan tidak dapat terlihat dengan perbesaran 10 x 100 di mikroskop. Akan tetapi, kehadirannya begitu nyata dan menyengat, seperti formalin yang aromanya tidak akan pernah kita lupakan.

Epidemiologi

Semua orang pasti pernah mengalami jatuh cinta, tetapi tidak semua orang bisa menemukan cinta sejatinya dalam waktu singkat.

Etiologi

Ketika cinta datang kepadamu, ia tidak mengenal sebab maupun akibat. Ia datang dengan sendirinya. Tetapi, tak ada cinta yang berakhir dengan sendirinya. Cinta akan meninggalkan sarangnya ketika tempat ia tinggal sudah terlalu usang untuk ditinggali atau ada sarang baru yang menawarkan kehangatan lebih baik dibanding sarang sebelumnya.

Faktor Risiko

Faktor risiko jatuh cinta? Banyak.
  • Kuliah di kelas ketemu
  • Tutorial ketemu
  • Praktikum ketemu
  • Ujian ketemu
Oleh karena itu, jangan heran jika dalam satu angkatan pasti ada yang saling jatuh cinta.

Patofisiologi

Hal yang terburuk dari cinta adalah ketika ia hadir, kita tidak bisa menolaknya. Tak ada profilaksis untuk jatuh cinta. Ketika cinta hadir, kita hanya dapat menerimanya. Perlahan tapi pasti ia akan mengeluarkan mediator yang akan bermetastasis ke seluruh tubuh dan meracuni akal sehat.

Tatalaksana

Nyatakanlah cintamu ke orang yang kamu cintai. Tidak akan ada yang tahu tentang perasaan kita sampai kita menyatakannya. Sama halnya seperti seorang dokter yang tidak akan bisa mendiagnosis penyakit jika pasiennya tidak mengeluh tentang penyakitnya.

Prognosis

Umumnya cinta yang memang tulus akan menghasilkan prognosis yang baik. Ingat bahwa cinta bukan masalah kesempurnaan seperti meraih Indeks Prestasi (IP) 4,00. Namun, cinta adalah ketika kita merasa hangat dalam kesederhanaan.

Begitulah cinta. Hal kecil yang memiliki andil besar dalam tubuh kita.

Sumber

Mahasiswa FK. Berbicara tentang cinta. Blogger: Kisah Hidup di Balik Jas Putih; 2013. Diakses pada: jassputih.blogspot.com/2013/02/berbicara-tentang-cinta.html

Comments

  1. bay, ngopi ga kira-kira wwkkwkwkwkwk..

    it's not tutorial btw hahhahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di FK ada salah satu metode belajar yang namanya tutorial. Di tutorial itu nanti dikasih satu buah topik, misalnya DBD atau cinta. Nanti topik itu dibahas sampai paham, mulai dari definisi, penyebab, mekanisme, sampai terapinya. Tutorial itu yang aku maksud ndi hehe

      Delete

Post a Comment