Teka-teki #004 - Main Gareng

Suatu ketika tiga orang sahabat, Maradona, Pele, dan Ronaldo, sedang asyik bermain gareng, yaitu bermain sepakbola dengan peraturan sebagai berikut.

Permainan dimulai dengan salah satu dari mereka menjadi penjaga gawang dan yang lainnya menjadi penyerang yang berusaha mencetak gol ke gawang. Permainan dihentikan manakala ada penyerang yang mencetak gol. Saat itu dihitung sebagai satu permainan.

Permainan baru dimulai lagi dengan penyerang yang mencetak gol tadi menjadi penjaga gawang dan penjaga gawang sebelumnya menjadi penyerang. Permainan dihentikan ketika ada penyerang yang mencetak gol. Demikian seterusnya.

Sampai suatu ketika, mereka sudah lelah dan menyudahi permainan mereka. Setelah dihitung, ternyata Maradona 12 kali menjadi penyerang, sedangkan Pele menjadi penyerang 21 kali. Ronaldo menjadi penjaga gawang sebanyak 8 kali.

Pertanyaannya, siapakah yang mencetak gol pada permainan ke-6?

Catatan: semua tokoh, watak, dan kejadian di atas hanyalah rekayasa. Jika ada kesamaan dengan kejadian yang asli, saya mohon maaf karena saya tidak berniat untuk menulis ulang kejadian tersebut.

SOLUSI 
Dalam setiap permainan pasti ada 1 orang penjaga gawang dan 2 orang penyerang. Ronaldo menjadi penjaga gawang sebanyak 8 kali. Berarti Maradona dan Pele menjadi penyerang bersama-sama sebanyak 8 kali. Dengan demikian, Maradona menjadi penyerang bersama Ronaldo (Pele menjadi penjaga gawang) sebanyak 4 kali dan Pele menjadi penyerang bersama Ronaldo (Maradona menjadi penjaga gawang) sebanyak 13 kali.

Jumlah seluruh permainan dari awal hingga akhir adalah jumlah berapa kali Maradona, Pele, dan Ronaldo menjadi penjaga gawang. Jadi, jumlah seluruh permainan adalah 25 kali permainan.

Maradona menjadi penjaga gawang sebanyak 13 kali. Berarti, Maradona menjadi penjaga gawang di setiap permainan ke-ganjil.


Karena Maradona menjadi penjaga gawang di permainan ke-7, berarti yang mencetak gol pada permainan ke-6 adalah Maradona.

Comments

Post a Comment