Hikmah Metamorfosis Kupu-kupu

Seorang anak sedang bermain dan menemukan kepompong kupu-kupu di sebuah dahan yang rendah. Kemudian diambilnya kepompong tersebut dan tampak ada lubang kecil di sana. Dia tertegun mengamati lubang kecil itu karena dirinya melihat ada seekor kupu-kupu yang sedang berjuang membebaskan diri melalui lubang kecil tersebut. Lalu, tampak kupu-kupu itu berhenti mencoba. Kupu-kupu itu terlihat sudah berusaha semampunya dan tampaknya semua usahanya untuk keluar lewat lubang kecil itu sia-sia saja.

Melihat fenomena ini, si anak menjadi iba. Si anak mengambil keputusan untuk membantu kupu-kupu tadi keluar dari kepompongnya. Dia pun mengambil gunting dan mulai membuka badan kepompong dengan guntingnya agar kupu-kupu bisa keluar dan terbang dengan leluasa.

Begitu kepompong terbuka, kupu-kupu pun keluar dengan mudahnya. Akan tetapi, kupu-kupu itu masih memiliki tubuh yang gembung dan kecil. Kedua sayapnya tampak masih berkerut. Si anak tadi pun mulai mengamatinya lagi dengan saksama sambil berharap agar sayap kupu-kupu itu berkembang sehingga dapat membawa si kupu-kupu mungil itu terbang menuju bunga-bunga yang ada di taman.

Harapan tinggal harapan. Apa yang ditunggu-tunggu si anak tak kunjung tiba. Kupu-kupu itu terpaksa menghabiskan sisa hidupnya dengan merangkak membawa tubuh yang gembung dan sayap yang masih berkerut serta tidak terbentang dengan sempurna. Kupu-kupu itu akhirnya tidak pernah bisa terbang.

Si anak yang membantu mengeluarkan kupu-kupu tadi dari kepompongnya ternyata tidak mengerti bahwa kupu-kupu perlu berjuang dengan daya usahanya sendiri untuk membebaskan diri dari kepompongnya. Lubang kecil yang perlu dilalui kupu-kupu tersebut akan memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu itu masuk ke dalam sayap-sayapnya sehingga ia akan siap terbang dan memperoleh kebebasan.

Bukankah kita semua juga begitu? :)

Comments

  1. betul betul, kita jg begitu, kalau belum saatnya untuk dewasa jangan jadi dewasa.. tapi kalo mikir out of the box gimana bay? wwkkwkw

    udah enak dibaca ni bay, tulisannya. ntap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang yang bisa mikir out of the box itu insya Allah orang yang "matang" ndi.

      Oke siip. Terima kasih masukannya ;)

      Delete

Post a Comment