Teka-teki #001 - Koin dan Gelas


Ada 3 buah gelas dan 11 buah koin. Bisakah Anda memasukkan setiap koin ke dalam gelas sehingga ada 1 gelas yang banyak koinnya genap dan 2 gelas yang lain masing-masing banyak koinnya ganjil? Bagaimanakah caranya?

SOLUSI 
Anggap ketiga gelas itu adalah gelas A, gelas B, dan gelas C. Isi gelas A dengan 5 buah koin, isi gelas B dengan 3 buah koin, dan isi gelas C dengan 3 buah koin.


Setelah itu, masukkan gelas B ke dalam gelas C, sehingga sekarang gelas C berisi 6 buah koin. Dengan begitu, kita sudah mendapatkan 1 buah gelas dengan banyak koin genap (gelas C yang berisi 6 koin) dan 2 buah gelas dengan banyak koin ganjil (gelas A yang berisi 5 koin dan gelas B yang berisi 3 koin).


$\Downarrow$


Ada banyak variasi jumlah koin yang dimasukkan ke dalam masing-masing gelas. Silahkan Anda melakukan eksplorasi lebih lanjut untuk mencari variasi jawaban lainnya. Inti trik pemecahan masalah ini adalah ada gelas yang dimasukkan ke dalam gelas lain. Jika Anda teliti membaca soalnya, Anda bisa mengetahui bahwa teka-teki ini hanya dapat dipecahkan dengan trik yang out of the box. Mari kita lihat kembali soalnya, khususnya pada kalimat ini:
… sehingga ada 1 gelas yang banyak koinnya genap dan 2 gelas yang lain masing-masing banyak koinnya ganjil?
Pertanyaan itu bisa ditulis menjadi genap + ganjil + ganjil. Kita tahu bahwa genap + ganjil + ganjil = genap. Nah loh? Padahal jumlah seluruh koin yang ada dalam soalnya adalah 11 koin yang merupakan bilangan ganjil. Oleh karena adanya kontradiksi tersebut, maka teka-teki ini harus kita selesaikan dengan trik yang out of the box.

Apakah Anda menyadari kontradiksi tersebut dari awal? :D

Comments

  1. mungkin bisa pinjem koin satu lagi punya temen, soalnya ga ada persayaratan boleh pinjem koin temen kan ya?

    *kemudian dibakar*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aturan tambahan: dilarang menambah jumlah koin dengan cara apa pun

      Hahaha

      Delete

Post a Comment